Friday, February 18, 2011

Perencanaan Strategis

Perencanaan strategis merupakan proses perencanaan jangka panjang yang disusun dan digunakan untuk mensyaratkan dan mencapai tujuan-tujuan keseluruhana organisasi. Meliputi perencanaan untuk menentukan maksud dan misi organisasi dan strategi pengalokasian sumber daya yang dimilikinya.

Dengan disusunnya perencanaan strategis akan memberikan arah atau kerangka dasar bentuk perencanaan yang lain yang dikenal perencanaan organisasi, sehingga bentuk perencanaan yang disusun kemudian tersebut akan sinkron dan tidak saing overlap satu sama lain karena semua mendasarkan perencanaan strategis dengan memperhatikan jangkauan pencapaian tujuan-tujuan jangka panjang.

Perencanaan strategis semakin penting dengan semakin berkembangnya organisasi, hal ini antara lain disebabkan luasnya dan beratnya tugas manajer sehingga seorang manajer tidak mungkin selamanya akan memberikan arahan strategis dengan lisan secara terus menerus, disamping juga semakin kompleknya lingkungan eksternal. Semua itu memerlukan kajian dan analisa untuk merumuskan rencana jangka panjang yanag mampu untuk menemukan pendekatan-pendekatan baru dalam memecahkan masalah yang akan dihadapi organisasi.

Apabila perencanaan strategi dibandingkan dengan perencanaan operasional dapat diperlihatkan sebagai berikut :

No comments:

Post a Comment