Friday, February 18, 2011

Dimensi Perencanaan

Pada prinsipnya langkah-langkah perencanaan yang dilakukan setiap manajer adalah sama, yang berbeda adalah dalam bentuknya. Hal ini dapat berbeda sebab : 3)

- Pertama, jenis organisasi yang berlainan akan mempergunakan pendekatan perencanaan yang berlainan pula.

- Kedua, banyak dalam suatu organisasi yang sama bisa diperlukan jenis perencanaan yang berbeda pada waktu yang berlainan.

- Ketiga, berbagai manajer akan memunyai gaya perencanaan yang berbeda.

Dilihat dari dimensinya maka rencana dan perencanaan dapat dilihat dari lima dimensi :

1. Dimensi Waktu

Dilihat dari dimensi waktu maka rencana dapat berupa rencana jangka pendek, rencana jangka menengah dan rencana jangka panjang.

Penanggung jawab pembuatan rencana tersebut sangat erat hubungannya dengan tingkatan manajer, manajer lini pertama membuat rencana jangka pendek, manajer menengah, membuat rencana jangka menengah dan manajer puncak membuat rencana jangka panjang.

2. Dimensi Unsur

Dilihat dari dimensi unsur maka rencana dan perencanaan itu akan menunjukkan hirarki rencana dan perencanaan itu sendiri, dimana rencana yang lebih rendah merupakan usnur dari rencana yang lebih tinggi, yaitu berupa: Rencana sekali pakai, rencana tetap, strategi, sasaran, misi dan maksud.

3. Dimensi Bidang

Dilihat dari dimensi bidang maka rencana tersebut disusun mendasarkan pada bidang operasional perusahaan, meliputi rencana bidang produksi, rencana bidang pemasaran, rencana bidang pembelanjaan, rencana bidang personalia, rencana bidang penelitian dan pengembangan dan sebagainya.

4. Dimensi Organisasi

Dilihat dari dimensi organisasi maka rencana tersebut disusun untuk atau dilaksanakan oleh tingkatan organisasi yang mana : apakah rencana keseluruhan organisasi atau rencana untuk masing-masing satuan organisasi yang ada. Bentuk rencana itu dapat berupa rencana menyeluruh perusahaan, rencana cabang perusahaan, rencana bagian dan sebagainya.

5. Dimensi Sifat

Dilihat dari dimensi sifat maka rencana tersebut dibuat dengan harus memenuhi karakteristik tertentu yang dituntut untuk kepentingan tertentu.

Sehingga rencana itu disusun antara lain : untuk memenuhi tujuan kerahasiaan, maka disusun rencana rahasia atau tidak rahasia/terbuka dan sebagainya.

No comments:

Post a Comment