Friday, February 18, 2011

Pedoman dalam Menetapkan Tujuan

a. Didalam menetapkan tujuan organisasi harus melibatkan individu-individu yang terlibat didalam usaha pencapaian tujuan tersebut.

b. Manajer puncak yang lebih banyak menguasai informasi tentang tujuan yang sifatnya umum dan strategis harus mampu untuk memberi penjabaran pada tujuan yang tingkat lebih rendah.

c. Tujuan harus Realistis

Tujuan yang tidak realistis akan sekedar sebagai lamunan dan akan sulit untuk direalisasikan karena mungkin tidak sesuai dengan kondisi intern maupun ekstern.

d. Tujuan harus jelas

Tujuan yang tidak jelas akan membingungkan pelaksana kegiatan, karena menjadi tidak tahu kemana seharusnya arah kegiatan.

e. Tujuan dirumuskan dengan sederhana

Hal itu dilakukan supaya mudah dipahami dan tidak timbul kesalahan interpretasi yang kemudian akan menimbulkan kesalahan pelaksanaan kegiatan pencapaian tujuan.

f. Tujuan untuk masing-masing satuan organisasi tidak bertentangan bahkan harus konsisten dengan tujuan umum organisasi.

g. Tujuan yang telah ditetapkan secara periodik atau spontan dilakukan peninjauan untuk dapat disesuaikan dengan perkembangan lingkungan ekstern maupun intern.

No comments:

Post a Comment