Monday, February 7, 2011

Konflik Interpersonal

Konflik antar pribadi adalah hal yang sering terjadi di dalam perusahaan. Bila konflik ini terjadi pada level manager akibat yang fatal dapat terjadi. Salah satu contoh kefatalan akibat konflik di antara para staf manajer ialah terjadinya kemunduran perusahaan seperti yang terjadi di perusahaan ban Firestone di Amerika Serikat. Di tahun 1973 perusahaan ini untung sebanyak 165 juta dollar, tetapi di tahun 1978 perusahaan mengalami kerugian sebanyak 148,3 juta dollar (Business Week, July 9, hal. 44 - 49).

Terjadinya konflik antar karyawan dapat disebabkan oleh berbagai hal. Konflik biasanya terjadi akrena adanya perbedaan persepsi di dalam menilai sesuatu masalah. Apa sebabnya terjadi salah persepsi banyak hal yang menyebabkannya. Perbedaan kepentingan, ciri kepribadian, orientasi nilai hidup (value), dan perbedaan latar belakang pengalaman sosio kultural dapat pula menjadi sebab.


Konflik menjadi semakin serius apabila melibatkan kelompok-kelompok karyawan. Adanya bagian-bagian di dalam perusahaan misalnya bagian produksi, bagian pemasaran, dan lain-lain, akan memudahkan konflik antar kelompok apabila anggota kelompok tersebut merasa diri mereka diperlakukan kurang adil. Kehidupan berkelompok dapat meningkatkan solidaritas kelompok dan membuat anggota kelompok lebih peka terhadap hal-hal yang merugikan diri mereka. Bila konflik melibatkan kelompok, suasana yang emosional seperti perkelahian relatif lebih mudah terjadi. Hal ini disebabkan individu dalam kelompok lebih nekad, lebih berani menanggung resiko dan lebih mudah menjadi irrasional.

1 comment:

  1. ok,, keren nii buat referensi makalahnya.. ;)

    ReplyDelete