Thursday, January 27, 2011

Pengertian Organisasi dan Pengorganisasian

Seperti disebut di muka, bahwa organisasi adalah merupakan fungsi manajemen (Planning, Organizing, Actuating, Controlling). Sebagai fungsi manajemen maka organisasi adalah merupakan proses penetapan pekerjaan, pembagian pekerjaan, penetapan wewenang secara tepat antara pekerjaan, tenaga kerja dan tempat kerja dengan maksud agar kelompok-kelompok kerja dapat bekerja sama dan mencapai tujuan secara efisien.

Demikian pula di bawah ini dikemukakan beberapa pengertian dari pada organisasi dari berbagai pendapat :

1. Pengertian Organisasi dalam Artian Dinamis

a. Louis A. Allen :

Penyusunan menunjukkan kepada proses mengatur dan menghubungkan pekerjaan-pekerjaan yang harus dilakukan sehingga dapat diselesaikan seefektif-efektif mungkin oleh orang-orang.

Pengertian organisasi di atas adalah dalam artian dinamis, yaitu berupa sejumlah atau proses kegiatan untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan, yaitu berupa :

- Proses menentukan dan membagi pekerjaan yang harus dilakukan.

- Menetapkan dan membatasi tugas-tugas serta wewenang.

- Proses penetapan hubungan-hubungan.

b. Drs. M. Manulang :

Organisasi dalam artian dinamis adalah suatu proses penetapan dan pembagian pekerjaan yang akan dilakukan, pembatasan tugas atau tanggung jawab serta wewenang dan penetapan hubungan-hubungan antara unsur organisasi sehingga memungkinkan untuk mencapai suatu tujuan. Dengan pendek, organisasi adalah suatu perbuatan differensiasi tugas-tugas.

Dari pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa, pengertian organisasi dalam artian dinamis, adalah pengertian ditinjau dari proses (gerak), yaitu proses pembagian kerja dan kerja sama dalam usaha mencapai tujuan.

Sehubungan dengan pengertian ini Drs. Sukarno K. dalam bukunya berjudul "Dasar-dasar Manajemen" menyebutkan organisasi dalam artian dinamis adalah organisasi sebagai fungsi manajemen, seperti dikemukakan :

"Organisasi sebagai fungsi adalah organsiasi dalam artian dinamis (bergerak), yaitu organisasi yang memberikan kemungkinan tempat manajemen dapat bergerak dalam batas-batas tertentu.

Organisasi dalam artian dinamis berarti bahwa organisasi bergerak mengadakan pembagian pekerjaan".

2. Pengertian Organisasi dalam Artian Statis

Seperti dikemukakan oleh Drs. M. Manulang :

"Organisasi dalam artian terakhir ini adalah rangka setiap gabungan yang bergerak ke arah suatu tujuan, dengan istilah gabungan yang bergerak ke arah suatu tujuan, dengan istilah populer lain ialah struktur organisasi atau bagan organisasi. Jadi organisasi dalam artian statis itu adalah suatu gambaran secara skematis tentang bagian-bagian, tugas-tugas dan tanggung jawab-tanggung jawab dan hubungan bagian-bagian yang terdapat dalam suatu badan atau suatu lembaga."

Drs. M. Manulang dalam bukunya yang lain, yaitu Pengantar Ekonomi Perusahaan menyebutkan: "Organisasi dalam artian statis, yaitu struktur organisasi atau skema organisasi sering pula disebut ranji organisasi".

Drs. Sukarno K, menyebutnya: "Organisasi sebagai "tool of manajemen".

Jadi pengertian organisasi dalam artian statis yaitu sebagai tool of manajemen disebut pula struktur organisasi, bagan organisasi, skema organisasi, ranji organisasi.

3. Pengertian Organisasi Sebagai Badan

Dalam pengertian yang ketiga ini dinyatakan oleh Drs. M. Manulang :

"Organisasi dalam artian yang ketiga ini dapat dirumuskan sebagai kelompok orang yang bekerja sama untuk mencapai sesuatu tujuan tertentu."

Pengertian tersebut adalah senada dengand efinisi yang dikemukakan oleh Dr. Panglaykim dan Drs. Hazil :

". . . definisi organisasi, yakni : bentuk setiap gabungan manusia untuk suatu tujuan bersama".

Dari definisi itu dapat disimpulkan bahwa unsur organisasi dalam artian ketiga ini adalah :

a. Sekelompok orang.

b. Kerja sama atau pembagian pekerjaan dan

c. Adanya tujuan tertentu.

No comments:

Post a Comment