Monday, January 17, 2011

Lingkungan Ekstern Manajerial

Lingkungan esktern managerial adalah keseluruhan faktor ekstern yang mempengaruhi manajemen dalam melakukan kegiatannya. Walau pada hakekatnya manajemen membicarakan interaksi para manajer dengan pada bawahannya di dalam lingkungan organisasinya, tetapi di dalam banyak situasi manajer harus juga menanggapi bahkan menangani lingkungan luar organisasinya. Meskipun mungkin mereka tidak mampu untuk mengubah kekuatan dari luar itu, namun mereka tidak mempunyai alternatif lain kecuali menanggapinya.

Mereka harus mengidentifikasikan, menilai dan memberi reaksi terhadap kekuatan-kekuatan dari luar organisasi yang dapat mempengaruhi operasinya.

Lingkungan ekstern tersebut dapat berupa peluang-peluang dan kendala-kedala yang dapat diklasifikasikan ke dalam hal-hal kehidupan masyarakat yang bersifat ekonomis, teknologi, sosial kultural, politis maupun etis.

Sebaliknya operasi-operasi dari organisasi akan juga mempengaruhi lingkungan ekstern yang kemudian menimbulkan terjadinya hubungan yang komplek antara suatu organisasi atau manajemen dengan masyarakat dengan segala aspek kehidupannya seperti disebutkan diatas. Ini berarti bahwa manajemen harus memperhitungkan unsur-unsur sekeliling mereka, yang penting bagi keberhasilannya dan juga penting bagi masyarakat yang mungkin dipengaruhi oleh tindakan-tindakan yang mereka ambil.

Dengan kata lain manajer harus menanggapi lingkungan mereka, karena kelangsungan hidupnya tergantung pada berhasilya interaksi dengan semua unsur lingkungannya.

No comments:

Post a Comment