Friday, July 8, 2011

Studi Prilaku dan Strategi Pemasaran

Bisnis sukses menghendaki falsafah bisnis yang berorientasi konsumen, karenanya strategi pemasaran harus disusun berdasar analisis perilaku yang didukung oleh riset konsumen.
  1. Segmenting dan Targeting: Keputusan ini membutuhkan analisis apakah respon konsumen terhadap pemasaran akan berbeda karena adanya perbedaan karakteristik konsumen (budaya, sosial, demografi, lifestyle).
  2. Positioning: Keputusan ini menghendaki analisis persepsi konsumen terhadap atribut-atribut produk perusahaan dibandingkan produk pesaing.
  3. Product Decision: Keputusan ini butuh pemahaman tentang motivasi, pilihan, persepsi dan sikap konsumen atas atribut-atribut produk yang ditawarkan.
  4. Pricing: Studi tentang sensitivitas/persepsi konsumen atas perubahan harga akan membantu keputusan harga.
  5. Channel Decision: Keputusan ini membutuhkan informasi tentang kebiasaan beli, persepsi dan sikap konsumen atas atribut-atribut saluran.
  6. Promotion: Keputusa ini perlu informasi tentang pilihan media, persepsi dan sikap konsumen terhaap promosi yang diprogramkan.

No comments:

Post a Comment