Wednesday, July 6, 2011

Pengaruh Faktor Individual dalam Perilaku Konsumen

1. Demografis:
  • Karakter demografis ditunjukkan oleh faktor gender (pria-wanita), usia (anak, remaja, dewasa, lansia), pendidikan dan income (rendah-tinggi), dsb.
  • Perbedaan karakter demografi mengakibatkan perbedaan pilihan media, pilihan produk maupun outlet, sehingga studi karakter demografis dapat dijadikan dasar pengembagan strategi segmenting dan targeting.
2. Kepribadian:
  • Pebedaan kepribadian (agresif, periang, pemalu) akan menghasilkan perbedaan pilihan media, produk dan outlet.
  • Pemasar berkepentingan untuk memberi ciri kepribadian pada produk yang dijual agar sesuai dengan kepribadian target pasarnya.
  • Strategi pemasaran harus fokus pada kepribadian konsumen dengan kepribadian produk.
3. Gaya Hidup:
  • Adalah pola yang digunakan orang untuk hidup dan menghabiskan waktu serta uang.
  • Gaya hidup seseorang (suka hura-hura, pekerja kerass, dsb) akan berpengaruh terhadap pilihan media dan produk dan outlet terutama untuk produk pakaian dan aksesoris.
  • Studi ini sering dijadikan dasar segmentasi psikografis dan dasar pengembangan produk.
4. Motivasi:
  • Motivasi adalah dorongan untuk memenuhi kebutuhan, baik biogenik maupun psikogenik.
  • Motivasi berperan terutama pada tahap pengenalan kebutuhan.
  • Motivasi dapat dibangkitkan memalui kegiatan iklan/promosi.
  • Studi motivasi dapat digunakan untuk merancang komunikasi dan pengembangan produk.

No comments:

Post a Comment