1. Demografis:
- Karakter demografis ditunjukkan oleh faktor gender (pria-wanita), usia (anak, remaja, dewasa, lansia), pendidikan dan income (rendah-tinggi), dsb.
- Perbedaan karakter demografi mengakibatkan perbedaan pilihan media, pilihan produk maupun outlet, sehingga studi karakter demografis dapat dijadikan dasar pengembagan strategi segmenting dan targeting.
- Pebedaan kepribadian (agresif, periang, pemalu) akan menghasilkan perbedaan pilihan media, produk dan outlet.
- Pemasar berkepentingan untuk memberi ciri kepribadian pada produk yang dijual agar sesuai dengan kepribadian target pasarnya.
- Strategi pemasaran harus fokus pada kepribadian konsumen dengan kepribadian produk.
- Adalah pola yang digunakan orang untuk hidup dan menghabiskan waktu serta uang.
- Gaya hidup seseorang (suka hura-hura, pekerja kerass, dsb) akan berpengaruh terhadap pilihan media dan produk dan outlet terutama untuk produk pakaian dan aksesoris.
- Studi ini sering dijadikan dasar segmentasi psikografis dan dasar pengembangan produk.
- Motivasi adalah dorongan untuk memenuhi kebutuhan, baik biogenik maupun psikogenik.
- Motivasi berperan terutama pada tahap pengenalan kebutuhan.
- Motivasi dapat dibangkitkan memalui kegiatan iklan/promosi.
- Studi motivasi dapat digunakan untuk merancang komunikasi dan pengembangan produk.
No comments:
Post a Comment