- Proses psikologi mencakup proses pengembangan persepsi (kognisi) dan Sikap (afeksi).
- Persepsi dan sikap yang terbentuk akan mempengarruhi tindakan (behavior) konsumen.
1. Persepsi:
- merupakan pemberian makna atas stimuli yang berasal dari atribut promosi dan produk.
- Persepsi yang terbentuk akan berpengaruh terhaddap dorongan kebutuhan dan sikap konsumen.
2. Sikap:
- Adalah suatu evaluassi menyeluruh yang memungkinkan orang berespon dengan cara menguntungkan atau tidak menguntungkan, yang secara konsisten berkenaan dngan obyek atau alternatif yang diberikan.
- Mencakup apa yang dirasakan konsumen (bagus, suka, atau bosan) atas atribut promosi atau produk.
- Sikap akan berpengaruh pada pilihan media, produk dan putlet serta tindakan konsumen (mencoba, membeli ulang).
- Dapat dibentuk melalui pengembangan persepsi dan motivasi sehingga terbentuk kecenderungan bertindak. Ini dapat dilakukan melalui kegiatan iklan & promosi pejualan.
3. Perilaku:
- Perilaku beli konsumen berupa tindakan memilih/membeli produk/outlet.
- Perilaku terbentuk melalui pengembangan sikap yang didorong oleh faktor motivasi untuk bertindak, sehingga terbentuk tindakan membeli.
No comments:
Post a Comment