1. Pengenalan Kebutuhan:
- Kebutuhan muncul jika terdapat gap antara realita dengan yang diinginkan konsumen.
- Kebutuhan dapat dibangkitkan oleh stimuli intern maupun ekstern.
- Pemasar dapat membangkitkan kebutuhan konsumen melalui promosi guna menciptakan persepsi atas produk (kemampuan untuk memenuhi kebutuhan).
2. Pencarian Informasi:
- Konsumen mencari informasi dari sumber pribadi, umum dan komersial.
- Pemasar harus dapat menyediakan informasi yang dapat diakses oleh semua sumber melalui kegiatan komunikasi agar tercipta persepsi sesuai yang diinginkan pemasar.
3. Evaluasi Alternatif:
- Konsumen akan mengembangkan sikap ( penilaian bagus, senang, tertarik) terhadap atribut-atribut produk pilihan.
- Pemasar harus membentuk sikap positif terhadap produknya, melalui kegiatan komunikasi dan marketing mix lainnya.
4. Keputusan Beli:
- Mencakup pilihan produk (jenis, merek, warna, atribut lainnya) dan outlet.
- Pemasar harus memberikan arahan perilaku pada konsumen agar memilih produknya melalui program pemasaran.
5. Evaluasi Pasca Beli:
- Berupa sikap maupun perilaku konsumen ketika mengkonsumsi, memelihara, membuangi/mengganti produk yang dibelinya.
- Jika puas, akan terjadi loyalitas, membeli ulang, merekomendaikan teman.
- Jika tidak puas, mungkin diam, komplain atau menceritakan keburukan ke orang lain.
- Pemasar harus mampu membangun sikap/perilaku positif agar konsumen loyal dan tidak bertindak merugikan.
No comments:
Post a Comment