Saturday, May 28, 2011

Konsumen: Perspektif dan Sudut Pandang

Perilaku konsumen adalah tindakan yang langsung terlibat dalam mendapatkan, mengkonsumsi dan menghabiskan produk dan jasa, termasuk proses keputusan yang mendahului dan menyusuli tindakan ini.

Perilaku konsumen dapat dilihat dari beberapa perspektif:
  1. Pengaruh konsumen (Consumer Influence).
  2. Menyeluruh (Wholistic)
  3. Antar Budaya (Intercultural)

Perspektif pengaruh konsumen:
Kepentingan khusus perilaku konsumen, karena berbagai alasan:
  • Berniat mempengaruhi atau mengubah perilaku, termasuk mereka yang kepentingan utamanya ialah Pemasaran, pendidikan, perlindungan konsumen dan kebijakan umum.
  • Sebelum PD 2: perusahaan berorientasi pada produk dan produksi, tidak perlu menanyakan keinginan konsumen.
  • Setelah PD 2: perusahaan beorientasi pada pemasaran, sehingga mengetahui keinginan konsumen menjdai penting dalam proses perencanaan dan pelaksanaan Marketing Mix.
  • Elemen kunci dalam kegiatan ini ialah Pertukaran.
  • Pelanggan terletak pada inti dari proses pertukaran.
  • Semua yang dilakukan pemasar harus disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan konsumen.
Perspektif yang lebih menyeluruh:
Adalah pengertian yang menyeluruh tentang suatu hal, sehingga perlu dilihat dari dampak yang telah dilakukan terlebih dahulu.

Perspektif antar budaya:
Perusahaan perlu meluaskan cakrawala budayanya, dan memandang penelitian konsumen sebagai kebutuhan yang universal, karena kebutuhan dasar manusia bersifat universal, walaupun ada perbedaan budaya yang dalam dan tidak dapat disangkal di dalam pengungkapannya.

No comments:

Post a Comment