Banyak diantara kita tidak dapat menempatkan konsumen diposisi sebagai 'orang yang akan mempertahankan keberlangsungan suatu bisnis'. Biasanya pebisnis berpikiran kalau 'konsumen masih banyak, kehilangan satu, toh ada yang lainnya'. Pemikiran macam ini yang harus kita hindari. Semakin banyak kita belajar dan mempelajari apa itu 'perilaku konsumen', untuk kedepannya kita akan mengetahui bagaimana seharusnya pebisnis bersikap kepada konsumen.
Pikiran yang benar mengenai konsumen:
- Konsumen adalah raja. Perusahaan mempunyai kemampuan penuh untuk menyaring semua upaya untuk mempengaruhi, dengan hasil bahwa semua upaya yang harus dilakukan perusahaan niaga harus disesuaikan dengan motivasi dan perilaku konsumen.
- Motivasi dan perilaku konsumen dapat dimengerti melalui penelitian. Pediksi yang sempurna tidak dimungkinkan, tetapi hasil yang strategis didapat dari penelitian dapat dijalankan dan dimanfaatkan dengan benar.
- Perilaku konsumen dapat dipengaruhi. Kita dapat melakukannya melalui kegiatan persuasif yang menaggapi konsumen secara serius sebagai pihak yang berkuasa dan dengan maksud tertentu. Pemasaran yang terampil dapat mempengaruhi baik motivasi maupun perilaku bila produk atau jasa yang ditawarkan didesign untuk memnuhi kebutuhan pelanggan.
- Pengaruh Konsumen Sah secara Sosial. Bujukan dan pengaruh konsumen memiliki hasil yang menguntungkan secara sosial asalkan ada pengamanan hukum, etika dan moral berada pada tempatnya untuk mengekang upaya manipulasi.
No comments:
Post a Comment