Saturday, April 30, 2011

Definisi Manajemen Strategis dan Perencanaan Strategis

Apa itu manajemen strategis? Manajemen strategis adalah manajemen yang dapat digunakan untuk menentukan misi, visi, nilai-nilai, tujuan, sasaran, peran dan tanggung jawab, jadwal, dll.

Apa itu perencanaan stategis? Perencanaan strategis merupakan alat manajemen yang digunakan untuk membantu organisasi melakukan pekerjaan yang lebih baik - untuk memfokuskan energi, untuk memastikan bahwa anggota organisasi bekerja menuju tujuan yang sama, untuk menilai dan menyesuaikan arah organisasi dalam respon-nya terhadap perubahan lingkungan.

Singkatnya perencanaan strategis adalah upaya disiplin untuk menghasilkan keputusan dan tindakan fundamental yang membentuk dan membimbing suatu organisasi. Menjawab seputar pertanyaan mengenai apa itu organisasi, apa yang dilakukannya, dan mengapa ia melakukannya, dengan fokus pada masa depan (Diadaptasi dari Bryson's Strategic Planning in Public and Nonprofit Organizations).

Kata demi kata dikupas dari definisi tersebut dan pada akhirnya memberikan kunci elemen yang mendasari makna dan keberhasilan proses perencanaan strategis:
  • Proses ini strategis karena melibatkan persiapan cara yang terbaik untuk merespon keadaan lingkungan organisasi.
  • Menjadi strategis berarti memiliki kejelasan dalam tujuan organisasi, sadar akan sumber daya yang dimiliki organisasi dan pada akhirnya penggabungan keduanya menjadi ‘dengan sadar menanggapi lingkungan yang dinamis’.
  • Proses ini tentang perencanaa karena dengan sengaja melibatkan penetapan tujuan (misalnya, menentukan masa depan organisasi) dan mengembangkan pendekatan untuk mencapai tujuan tersebut.
  • Proses ini disiplin dalam hal mematuhi perintah-perintah dan pola untuk tetap focus dan produktif.
  • Proses ini menimbulkan urutan pertanyaan yang membantu seorang perencana menelaah pengalaman, uji asumsi, mengumpulkan dan memasukkan informasi tentang keadaan saat ini dan mengantisipasi lingkungan dimana organisasi akan bekerja dimasa depan.

Akhirnya, proses ini berkaitan dengan keputusan dan tindakan fundamental karena berbagai macam pilihan harus dibuat untuk menjawab ‘urutan pertanyaan’ seperti yang telah disebutkan diatas.

Rencana ini akhirnya tidak lebih dan tidak kurang dari sebuah kelengkapan yang didalamnya mengandung keputusan mengenai apa yang harus dilakukan, mengapa kita melakukannya dan bagaimana kita melakukannya. Karena tidak mungkin kita melakukan segala sesuatunya secara bersamaan, harus ada prioritas. Perencanaan strategis menunjukkan bahwa beberapa keputusan dan tindakan organisasional sangatlah penting diatas segalanya.


Referensi: Management FAQs

No comments:

Post a Comment