Pemasaran adalah suatu proses yang kompleks dan melibatkan berbagai aspek. Berikut adalah beberapa definisi pemasaran yang dapat membantu memahami konsep ini:
Definisi Pemasaran
- Proses Sosial dan Manajerial: Pemasaran adalah proses sosial dan manajerial yang membuat individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan melalui penciptaan dan pertukaran produk serta nilai dengan pihak lain (Philip Kotler dan Amstrong).
- Pemberian Kepuasan: Pemasaran juga dapat didefinisikan sebagai proses pemberian kepuasan kepada konsumen untuk mendapatkan laba.
- Kegiatan Manusia: Pemasaran adalah kegiatan manusia yang diarahkan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran (Philip Kotler).
Pemikiran dan Praktek Pemasaran Modern
Pemikiran dan praktek pemasaran modern berfokus pada memahami, menciptakan, mengkomunikasikan, dan memberi nilai serta kepuasan kepada konsumen. Dengan memahami kebutuhan dan keinginan konsumen, perusahaan dapat menciptakan strategi pemasaran yang efektif untuk mencapai tujuan mereka.
Manajemen Pemasaran
Manajemen Pemasaran adalah analisis, perencanaan, implementasi, dan pengendalian program yang dirancang untuk menciptakan, membangun, dan mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan pembeli sasaran demi mencapai tujuan organisasi.
Dengan memahami konsep pemasaran dan manajemen pemasaran, perusahaan dapat menciptakan strategi pemasaran yang efektif untuk mencapai tujuan mereka dan memuaskan kebutuhan konsumen.
Kata Kunci: Pemasaran, Manajemen Pemasaran, Strategi Pemasaran, Konsumen, Nilai, Kepuasan.
Disamping banyak manfaat yang didapat dari disusunnya perencanaan, tetapi juga ada kelemahan antara lain. Pekerjaan yang tercakup dalam perencanaan mungkin berlebihan pada kontribusi nyata. Perencanaan cenderung menunda kegiatan. Perencanaan mungkin terlalu membatasi manajemen untuk berinisiatif dan berinovasi. Kadang-kadang hasil yang baik didapatkan oleh penyesuaian situasi individual dan penanganan setiap masalah pada saat masalah tersebut terjadi, tidak selalu berdasarkan rencana. Ada rencana-rencana yang diikuti cara-cara yang tidak konsisten. Komentar : Perhatikan di point ketiga dan garisbawahi mengenai inisiatif dan inovasi. Pertanyaannya ialah "Apa yang diharapkan oleh manejemen dengan membuat suatu perencanaan?" Dan jawabannya hanya satu yaitu, jaminan keberhasilan. Manajemen pasti meminta dari individu, maupun kelompok, untuk melakukan perencanaan dalam setiap aktivitasnya dan tidak ada yang namanya "membatasi inisiatif ataupun inovasi". Po...