Studi Prilaku dan Strategi Pemasaran

Bisnis sukses menghendaki falsafah bisnis yang berorientasi konsumen, karenanya strategi pemasaran harus disusun berdasar analisis perilaku yang didukung oleh riset konsumen.
  1. Segmenting dan Targeting: Keputusan ini membutuhkan analisis apakah respon konsumen terhadap pemasaran akan berbeda karena adanya perbedaan karakteristik konsumen (budaya, sosial, demografi, lifestyle).
  2. Positioning: Keputusan ini menghendaki analisis persepsi konsumen terhadap atribut-atribut produk perusahaan dibandingkan produk pesaing.
  3. Product Decision: Keputusan ini butuh pemahaman tentang motivasi, pilihan, persepsi dan sikap konsumen atas atribut-atribut produk yang ditawarkan.
  4. Pricing: Studi tentang sensitivitas/persepsi konsumen atas perubahan harga akan membantu keputusan harga.
  5. Channel Decision: Keputusan ini membutuhkan informasi tentang kebiasaan beli, persepsi dan sikap konsumen atas atribut-atribut saluran.
  6. Promotion: Keputusa ini perlu informasi tentang pilihan media, persepsi dan sikap konsumen terhaap promosi yang diprogramkan.

Popular posts from this blog

Kelemahan Perencanaan

Unsur dan Hirarki Rencana

Dimensi Perencanaan