Kebaikan dan Kelemahan Perencanaan Strategis
Kebaikan Perencanaan Strategis:
- Memberikan pedoman yang konsisten bagi kegiatan-kegiatan organisasi.
- Membantu para manajer dalam membuat keputusan (memberikan banyak informasi).
- Meminimumkan kesalahan, karena tujuan atau sasaran dan strategi dirumuskan dengan cermat.
- Perencanaan strategis formal memerlukan investasi dalam waktu, uang, tenaga yang cukup besar.
- Perencanaan strategis cenderung membatasi organisasi hanya terhadap pilihan yang paling rasional dan bebas resiko besar.
Sebuah Divisi Marketing dengan target penjualan yang cukup besar diminta untuk memilih apakah anggaran promosi yang terbatas, akan digunakan untuk me-maintenance konsumen prioritas atau akan digunakan untuk membuat event yang menambah brand awareness di masyarakat. Hal ini menjadi pilihan yang menantang untuk seorang manajer marketing. Disisi lain, me-maintenance konsumen prioritas berarti kita mungkin mendapatkan kesempatan untuk closing produk lebih baik secara kualitas. Sedangkan jika memilih untuk menambah brand awareness yang mungkin bisa dilakukan dengan cara mengadakan event promosi secara massal belum tentu memberikan impact closing secara langsung, dan sifat closing-nya pun juga tidak sebesar maintenance konsumen prioritas.
Jika semisal target penjualan masih terlalu jauh untuk dicapai, maintenance konsumen prioritas mungkin bisa menjadi pilihan yang lebih baik karena dapat memberikan hasil yang langsung dan secara nominal mampu untuk menutupi gap target akan tetapi jika semisal target sudah terlampaui dan kita ingin mempersiapkan untuk pipeline di bulan-bulan kedepan dengan menyasar konsumen baru, event brand awareness menjadi pilihan menarik.
Disinilah peran dari perencanaan strategis, kita diminta untuk melihat
target penjualan lebih detail dan mulai bertanya "Apakah langkah yang
kita lakukan sudah benar?" "Seberapa penting perencanaan strategis kita gunakan untuk situasi khusus seperti ini?" Jika dirasa perencanaan strategis malah menghambat proses closing, jangan digunakan, terutama untuk maintenance konsumen prioritas karena kita membutuhkan kecepatan dan ketepatan. Perencanaan strategis lebih cocok digunakan untuk membuat suatu event promosi karena brand image dan brand awareness dipertaruhkan disini.