Skip to main content

Posts

Showing posts from April, 2011

Perbedaan antara Perencanaan Strategis dan Perencanaan Jangka Panjang

Apa perbedaan antara perencanaan strategis dan perencanaan jangka panjang?     Perencanaan jangka panjang pada umumnya dianggap sebagai pengembangan rencana untuk mencapai tujuan atau serangkaian tujuan selama beberapa tahun, dengan asumsi bahwa pengetahuan saat ini tentang kondisi masa depan cukup matang. Hal ini untuk memastikan keandalan rencana tersebut selama masa pelaksanaannya. Pada akhir tahun 50-an dan awal 60-an, Amerika misalnya, memiliki kondisi ekonomi yang relatif stabil, karenanya, penggunaan perencanaan jangka panjang sangat sesuai dan tepat-guna. Di sisi lain, perencanaan strategis mengasumsikan bahwa organisasi harus responsif terhadap perubahan lingkungan yang dinamis. Asumsi umum telah muncul di sektor nirlaba bahwa lingkungan memang berubah-ubah, sering kali dalam cara yang tidak terduga. Perencanaan strategis, kemudian, menekankan pentingnya membuat keputusan yang akan memastikan organisasi memiliki kemampuan yang dapat menanggapi perubahan lingkun...

Definisi Manajemen Strategis dan Perencanaan Strategis

Apa itu manajemen strategis? Manajemen strategis adalah manajemen yang dapat digunakan untuk menentukan misi, visi, nilai-nilai, tujuan, sasaran, peran dan tanggung jawab, jadwal, dll. Apa itu perencanaan stategis? Perencanaan strategis merupakan alat manajemen yang digunakan untuk membantu organisasi melakukan pekerjaan yang lebih baik - untuk memfokuskan energi, untuk memastikan bahwa anggota organisasi bekerja menuju tujuan yang sama, untuk menilai dan menyesuaikan arah organisasi dalam respon-nya terhadap perubahan lingkungan. Singkatnya perencanaan strategis adalah upaya disiplin untuk menghasilkan keputusan dan tindakan fundamental yang membentuk dan membimbing suatu organisasi. Menjawab seputar pertanyaan mengenai apa itu organisasi, apa yang dilakukannya, dan mengapa ia melakukannya, dengan fokus pada masa depan (Diadaptasi dari Bryson's Strategic Planning in Public and Nonprofit Organizations). Kata demi kata dikupas dari definisi tersebut dan pada akhirnya memberi...

Definisi Periklanan #2

Kesulitan menentukan apa yang dinamakan iklan atau bukan diperparah oleh kenyataan bahwa ini sering dikombinasikan dengan elemen-elemen promosi lain. Contohnya termasuk promosi penjualan di mana sebuah 'kompetisi atau menawarkan money-off ' tidak termasuk dalam iklan dan kegiatan pemasaran langsung dimana 'direct response coupon atau pemasaran via telepon' dimasukkan dalam periklanan. Sperti biasa yang terjadi dalam dunia pemasaran, definisi yang melimpah merupakan hal yang biasa. Hal ini benar kalau 'iklan' ialah pemasaran itu sendiri. Definisi iklan yang masuk akal harus dipisahkan dari unsur promosi lain. Jika seorang manajer perusahaan meminta perencanaan periklanan, seharusnya hanya kampanye iklan saja yang dibuat, bukan keseluruhan 'promotional mix'. Kotler (1999) mendefinisikan periklanan sebagai:... Segala macam bentuk non-personal presentation, promosi ide, barang atau jasa yang dibayar oleh sponsor yang teridentifikasi. Kotler, dalam kary...

Benefits and Role of Advertising

Advertising is often considered as the 'senior' element of marketing communications. This view is perhaps an historic one but is firmly entrenched in the mind of many. Those who jobs are primarily focused on other elements of the promotional mix would challenge this with justification. what is unequivocal is the fact that advertising accounts for huge proportions of promotional spends. Whether it is important or less important than the other elements should really not been an issue. Its relative importance is something that should be determined in each individual case as the marketing communication plan is developed. Each promotional element,... however, should be selected for those things that it is good at doing. And has as been identified previously, the elements should be placed together to achieve the benefits of integrative synergy. Principal benefits of advertising are: It can reach mass audience (large coverage). It, increasingly, is able to reach mass audiences sel...

Definisi Periklanan Menurut Beberapa Ahli

Menurut Kotler (1999): Segala macam bentuk penyajian dan promosi ide, barang atau jasa non-personal yang dibayar oleh sponsor tertentu. Menurut Wells (1992): Periklanan adalan komuinikasi non-personal yang dibayar oleh pihak sponsor yang menggunakan media massa untuk membujuk dan mempengaruhi audience. Menurut Rhenald Kasali (1992): Iklan didefinikan sebagi pesan yang... menawarkan suatu produk yang ditujukan untuk masyarakat melalui suatu media. Beda dengan pengumuman biasa, iklan lebih membujuk orang untuk membeli. Menurut PPPI (Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia): Periklanan adalah segala bentuk pesan tentang suatu produk yang disampaikan melalui suatu media, dibiayaioleh pemrakarsadan ditujuan untuk sebagian atau seluruh masyarakat. Menurut Dunn & Barban (1996): Periklanan adalah komunikasi non-personal melalui beragam media yang dibayar oleh perusahaan,organisasi non-profit dan individu-individu dengan menggunakan pesan iklan yang diharapkan dapat menginfo...

Definisi Periklanan #1

Jika kita mengeksplorasi literatur-literatur yang ada, pastinya kita akan menjumpai berbagai macam difinisi mengenai advertising. Dapat dikatakan, advertising adalah kegiatan yang dilakukan untuk menarik perhatian publik terhadap barang atau jasa atau suatu perusahaan seperti pengumuman yang terdapat dalam media cetak, broadcast maupun media elektronik . Juga didefinikan sebagai... informasi 'non-personal communication' melalui berbagai macam media yang dibayar oleh pengiklan dan biasanya digunakan untuk meyakinkan lingkungan tentang perlunya mengkonsumsi barang dan jasa yang tentunya dimiliki oleh si pengiklan itu sendiri . Mengiklankan barang dan jasa perusahaan anda, merupakan hal penting yang harus anda lakukan untuk menjaga hubungan jangka panjang yang profitable dengan konsumen yang telah anda targetkan. Ada berbagai macam cara yang dapat kamu lakukan untuk membuat kampanye iklan yang benar-benar hebat, salah satunya ialah menggunakan jasa Advertising Agency. Ini ...

Advertising Defined/ Definisi Artikel

Untuk Bahasa Indonesia, click disini . The difficulty of defining what advertising is and what it is not is compounded by the fact that frequently it is combined with other promotional elements. Examples include sales promotion where a competition or a money-off offer is not include in the advertisement, and direct marketing activities where a direct response coupon or telephone number is included. As seems to be commonplace in the world of marketing, definitions abound. This is as true of advertising as it is of marketing itself. A reasonable definition of advertising should clearly distinguish it from other promotional elements... (although at the end of the day some would argues 'does it really matter'). It matters to the extent that confusion is avoided when talking and writing about it. If a manager asks for an advertising plan it should be just that and not a plan for the whole promotional mix. Kotler et al. (1999) define advertising as: Any paid form of non-p...